Sabtu, 10 Maret 2012

Pemda KSB Gandeng BI Bantu Kembangkan Sapi


Sumbawa Barat, SE.
Kepala dinas Perikanan Kelautan dan Peternakan Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat, Ir H. Abbas, mengatakan pemerintah setempat telah menjalin kerjasama secara terencana dengan otoritas Bank Indoensia  (BI) untuk mengembangkan potensi Sapi Sumbawa yang kini memiliki prospek pasar dan pengambangan yang cerah.
 “Kerjasama itu telah kita tuangkan dalam bentuk penandatanganan kesepahaman bersama. Itu terdiri dari kerjasama pemberdayaan dan peningkatan pendapatan masyarakat peternak Sumbawa Barat,” terangnya,  Wartawan belum lama ini.
Kesapahaman bersama yang ditandatangani Wakil Bupati, H. Mala Rahman dan pimpinan BI wilayah NTB, H. Junaifin, diharapkan mampu mendorong partisipasi tinggi pihak per bank-kan setempat untuk membantu kelompok peternak yang diketahui memiliki kemamapuan pengelolaan yang baik dan berhasil mengembangkan potensi peternakan mereka.
Impementasi dari kerjasama itu ditujukan dengan  kerjasama arahan kebijakan pengembangan peternakan serta bantuan langsung BI kepada kelompok peternak ‘Senap Semu’, yakni kelompok peternak yang terdiri dari 30 orang yang berkedudukan di Desa Pto Tano Kecamatan poto tano. Aatau sekitar 27 kilometer  sebelah timur  ibu kota Taliwang.
Kelompok itu menerima bantuan langsung dari BI berupada dana pengelolaan sebesar Rp 300 juta serta pemberian bibit sapi jantan unggulan kepada mereka, yang diberikan secara simbolis di Mataram.
 “Kesepahaman itu akan berjalan selama 3 tahun, yakni dari 2011-2013. BI juga menyerahkan bantuan sebuah mesin traktor untuk petani yang juga peternak setempat untuk mendukung produktifitas fungsi lahan pertanian yang bertujuan  juga sebagai penyediaan pakan,” terangnya.
H. Abbas menegaskan penunjukkan kelompok Senap Semu sebagai penerima bantuan dan program percontohan adalah evaluasi dari tim BI sendiri bekerjasama dengan Universitas Mataram.
Kelompok ini dipandang mampu mengembangkan managerial yang baik dan juga pengambangan klaster Sapi Sumbawa.
Saat ini pemerintah utamaya dinas Perikanan dan peternakan setempat memang fokus mengembangkan Sapi Sumbawa sebagai potensi unggulan daerah. Produkstifitas Sapi didaerah ini dilaporkan amat tinggi bahkan kini Sumbawa Barat menjadi salah satu daerah sentra pengambangan Sapi di NTB.
Data dinas terkait menyebutkan,  saat ini populasi Sapi setempat berjumlah 42.000 ekor lebih dengan angka kelahiran tembus 800 hingga 900 ekor pertahun.
Sapi Sumbawa berdasarkan data Kementerian Pertanian RI amat diminati pangsa pasar dalam negeri. Surabaya di Provinsi Jawa Timur, Papua dan Nusa Tenggara Timur  dan Pulau Kalimantan adalah daerah yang banyak mengimpor Sapi dari Pulau Sumbawa. (ndy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar